Setiap daerah di Indonesia menyajikan keindahan alam yang mempesona, salah satunya Maluku yang memiliki keindahan wisata bahari tidak kalah dari daerah lainnya. Ketika mendengar Maluku, mungkin terlintas tentang Kota Ambon dan Ternate. Pernahkah kamu mendengar tentang salah satu kota di Provinsi Maluku yang bernama Kota Tual? Ya, Tual.

Kota Tual terletak di bagian tenggara Maluku, dulunya menjadi satu dengan Kabupaten Maluku Utara. Setelah disahkan Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2007, Kota Tual berdiri sendiri sebagai daerah otonom. Tidak banyak yang mengenal Kota Tual, namun menyimpan keindahan alam bahari yang luar biasa indah.

Bagi kamu yang punya hobi traveling, Kota Tual menjadi salah satu tujuan yang direkomendasikan. Kamu akan disuguhkan dengan keindahan alam khusunya destinasi wisata bahari Kota Tual. Berikut destinasi wisata di Kota Tual yang harus kamu kunjungi:

1. Pulau Bair (Baer)

Pulau Bair disebut memiliki keindahan seperti Raja Ampat di Papua tetapi versi mini. Keunikan dari Pulau Bair yaitu terdapat laguna yang menyajikan keindahanairnya yang jernih dan berwarna biru serta dikelilingi tebing karang yang membuat disekitarnya tidak berombaktampak seperti sebuah kolam renang raksasa.

Selain itu, terdapat berbagai macam jenis mangrove dan tebing bebatuan yang menjadi daya tarik tersendiri. Hal ini membuatmu semakin betah dan tidak ingin beranjak dari pulau Biar. Jika beruntung, kamu bisa menyaksikan kumpulan ikan hiu jenis Blackpit yang berkumpul dan berenang disekitar Pulau Bair. 

2. Pulau Kei Kecil

Pulau Kei terdiri atas dua pulau utama, yaitu Pulau Kei Kecil dan Kei Besar. Pulau Kei Kecil juga memiliki destinasi wisata alam yang menarik dan indah. Salah satunya yaitu Bukit Masbait, yang dikenal sebagai ziarah bagi warga pemeluk agama Katolik. Dibukit ini terdapat Patung Yesus hadiah dari Pau Yohanes Paulus II.

Pulau Kei Kecil juga dikelilingi dengan pantai yang indah dan alami, salah satunya yaitu Pantai Ngursarnadan yang terletak di Desa Ohoililir. Pantai ini menyajikan keindahan laut yang jernih dan berwarna biru serta pasir putih yang halus. Selain itu, ada Pantai Madwaer, Ohoidertawun, dan Ngurbloat yang tidak kalah indahnya.

Selain keindahan pantainya, kamu juga bisa bertemu dengan penduduk sekitar Pulau Kei Kecil yang ramah. Untuk transportasi, kamu tidak perlu bingung karena di Pulau Kei Kecil sudah dilengkapi dengan moda transportasi yang memudahkan kamu untuk berkeliling pulau. Selain itu, banyak penginapan yang telah disediakan di Pulai Kei Kecil.

3. Kampung Merah-Putih

Tidak asing lagi mendengar tentang kampung warna-warni atau pelangi, kali ini ada yang berbeda di Kota Tual Maluku yaitu Kampung Merah Putih. Kampung Merah Putih terletak di Kiom yang merupakan bagian terdepan dari Kota Tual. Dahulu Kiom merupakan daerah kumuh yang kurang mendapat perhatian dari pemerintah.

Pada tahun 2007, pemerintah daerah yang berkejasama dengan Pacific Paintmempercantik Kampung Kiom dengan nuansa merah putih. Ratusan rumah dicat dengan warna merah putih dengan tambahan mural hasil dari 15 orang seniman di Indonesia. Setiap sudut Kampung Kiombernuansa nasionalisme, dan sarat akan perjuangan.

4. Pulau Ohoiew

Pulau Ohoiew terletak di Desa Ngilngof, Kota Tual, Provinsi Maluku. Kamu membutuhkan waktu sekitar 10 menit menggunakan speed boat dari Desa Ngilngof menuju Pulau Ohoiew. Pulau Ohoiew menyajikan keindahan pantai pasir putih yang kemilau menjulang ke laut dan beragam biota laut yang masih dijaga kelestariannya.

Keunikkan dari Pulau Ohoiew adalah bentuk pulaunya yang dapat berubah bentuk sesuai pasang surut air laut. Permukaan pulau mengecil ketika air pasang dan tampak besar ketika air surut. Kamu juga bisa melakukan snorkling dan diving untuk menikmati keinadahan bawah laut Pulau Ohoiew. Dijamin kamu akan betah dan tidak ingin segera meninggalkan pulau ini.

Itulah pesona wisata di Kota Tual yang menjadi rekomendasi kamu ketika berkunjung. Karena belum banyak dikenal, sehingga masih terjaga kelamiannya. Tempat ini cocok buat kamu yang datang untuk mencari ketenangan dari hiruk pikuk perkotaan dengan menikmati keelokan alam yang begitu natural dan mempesona