Membaca Cepat dan Efektif Hanya Dalam 5 Langkah Mudah Berikut Ini

Masih banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana cara membaca cepat dan efektif. Sehingga tidak akan membuat kewalahan ketika diharuskan membaca banyak buku nantinya. Apalagi ketika harus membaca banyak buku dalam waktu singkat.

Rupanya untuk membaca cepat dan efektif ada beberapa langkah yang dapat diterapkan. Ini dijamin ampuh untuk mengatasi kesulitan membaca cepat serta efektif. Ada langkah apa saja yang harus dilakukan? Inilah beberapa di antaranya.

Langkah-langkah Membaca Cepat dan Efektif

Memastikan agar informasi dalam bacaan dapat terserap dengan baik tentu menjadi tugas penting bagi pembaca buku. Namun, sayangnya ada banyak yang untuk menerima informasi maksimal harus menghabiskan banyak waktu dalam membaca. Tapi, tak perlu khawatir karena membaca cepat dan efektif bukan lagi impian dengan langkah berikut ini.

1. Pilih Tempat yang Kondusif

Hal yang pertama harus dilakukan untuk membuat kegiatan membaca menjadi lebih cepat dan juga efektif adalah memilih tempat yang kondusif. Sesuaikan definisi kondusif tersebut dengan kebutuhan. Pasalnya setiap orang memiliki ‘kebutuhan’ yang berbeda-beda.

Misalkan saja ada orang yang untuk dapat membaca dengan baik harus berada di tempat sunyi dan tanpa gangguan. Namun ada juga yang menikmati membaca dimanapun asalkan tempat tersebut nyaman untuk membaca. Inilah yang harus dipahami pembaca agar dapat memperoleh tempat yang paling tepat untuk membaca.

2. Pastikan Fokus Terhadap Bacaan

Supaya kegiatan membaca menjadi lebih efektif, sebaiknya mulai fokuskan diri pada bacaan. Hindari distraksi yang tidak perlu saat sedang membaca. Fokus ini juga penting untuk memastikan pembaca tidak perlu mengulang-ulang bacaan lagi nantinya.

Pasalnya mengulang-ulang bacaan sebenarnya justru membuatnya menjadi kurang efektif jika tidak dilakukan dengan fokus penuh. Jika merasa kesulitan fokus pada bacaan yang ada sebaiknya gerakan jari mengikuti fokus bacaan. Hal ini juga untuk mengindarkan ada hal yang terlewat dalam bacaan.

3. Menghindari Menggumamkan Bacaan

Selanjutnya sebaiknya hindari menggumamkan bacaan. Harus dipahami jika menggumamkan bacaan sebenarnya tidak malah membuat kegiatan membaca menjadi lebih efektif. Sebaliknya ini malah membuat kegiatan membaca menjadi kurang efektif.

Bagi yang memiliki kebiasaan ini mungkin akan menjadi sulit untuk dihilangkan. Hanya saja bukan tidak mungkin kebiasaan ini dihilangkan. Caranya dapat melalui banyak hal. Seperti misalnya mengunyah permen karet saat sedang membaca untuk menghindarkan diri mengulangi kebiasaan menggumamkan bacaan nantinya.

4. Baca Kalimat Secara Utuh

Dibanding membaca kata per kata sebenarnya membaca satu kalimat utuh akan lebih memudahkan pembaca. Cara tersebut juga dinilai lebih efektif untuk membantu pembaca memahami inti dari bacaan tersebut.

Hasil pemahaman terhadap satu kalimat dengan kata per kata juga dapat berbeda. Baca satu kalimat secara utuh sembari mencari kata kunci dari kalimat tersebut. Hal tersebut akan membantu untuk memahami kalimat-kalimat selanjutnya yang muncul dalam bacaan tersebut.

5. Lakukan Secara Rutin

Tentu saja untuk membuat diri dapat membaca secara cepat dan efektif tidak dapat dilakukan hanya dengan satu kali percobaan saja. Hal ini ahrus dilakukan berulang untuk memastikan jika kemampuan membaca dapat meningkat seiring berjalannya waktu.

Tak ada salahnya rutin mengukur sejauh mana kemampuan membaca meningkat. Bagaimana cara mengukur kemampuan membaca cepat dan efektif? Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan timer. Siapkan timer dalam waktu satu menit kemudian ukur berapa banyak bacaan bacaan yang dapat diperoleh dan bagaimana pemahaman terkait bacaan tersebut.

Membaca cepat dan efektif memang dapat diperoleh dengan latihan terus menerus. Untuk itu sebaiknya mulailah gencar membaca agar kemampuan ini semakin terasah nantinya.