Berbagai Jenis Drama Menurut Penyajian Ceritanya

Drama menjadi salah satu seni pertunjukan yang masih eksis hingga saat ini. Bahkan Seiring berjalannya waktu, kesenian yang satu ini semakin berkembang dari hari ke hari. Ada beberapa jenis drama menurut penyajian ceritanya.

Secara umum pembagian jenis dari drama tersebut memiliki tiga dasar. Pertama adalah berdasar naskah drama, model penyajian cerita serta sarana dari drama tersebut. Kali ini yang akan dibahas adalah pembagian jenis drama menurut penyajian ceritanya. Mari ulas lebih lengkap di bawah ini.

Macam-Macam Jenis Drama Menurut Penyajian Ceritanya

Pembagian jenis-jenis drama berdasarkan penyajian cerita pernah diulas oleh Asul Wijayanto. Ulasan tersebut hadir dalam bukunya yang berjudul Terampil Bermain Drama. Total ada 8 jenis drama, namun kali ini hanya akan dibahas lima jenis drama saja.

Opera Atau Drama Musikal

Selama ini Opera menjadi suatu drama yang mungkin biasa kita jumpai. Tapi tahukah apa sebenarnya drama musikal itu? Jadi drama musikal adalah suatu drama yang dalam percakapannya atau adegan-adegan nya biasanya diiringi dengan musik. Pada drama ini umumnya perasaan atau bahkan cerita drama digambarkan lewat nyanyian serta tarian.

Ada banyak contoh drama musikal yang mungkin pernah kita temui. Tidak hanya dari seni pertunjukan yang disajikan di panggung namun juga dari berbagai film. Salah satu drama musikal yang hadir dalam bentuk film adalah La La Land hingga serial terkenal High School Musical.Di barat sendiri ada banyak pertunjukan Opera ikonik yang tentu saja akan selalu diingat oleh dunia drama.

BACA JUGA: WAWANCARA DENGAN ARUNG WARDHANA ELLHAFIFIE

Farce

Drama selanjutnya yang akan kita bahas adalah jenis drama Farce. Mungkin istilah drama ini masih jarang kita dengar meskipun sebenarnya jenis drama ini mungkin sudah pernah kita tonton. Jadi drama jenis ini merupakan drama yang menyajikan cerita lucu dengan alur yang ringan.

Biasanya adegan-adegan yang ada di dalam drama tersebut terasa sedikit berlebihan. Umumnya komedi komedi yang hadir juga melibatkan fisik. Pernah mendengar istilah komedi Picisan? Itulah julukan yang biasa diberikan kepada drama yang satu ini.

Ada banyak contoh drama jenis ini yang terkenal. Contoh drama jenis ini yang terkenal hadir di Inggris pada tahun 1982. Drama yang dimaksud merupakan karya seni hasil dari Ken Friedman yang memiliki judul Claptrap. Selain itu masih banyak contoh drama lainnya yang memiliki nama cukup terkenal.

Tablo

Tulisan kali ini akan membahas jenis drama ketiga yaitu tablo. Jenis drama ini berbeda dari jenis drama yang telah dijelaskan sebelumnya. Pasalnya dalam jenis drama tablo para pemain tidak melakukan dialog.

Hal yang dominan dilakukan pemain adalah gerakan-gerakan yang menggambarkan dialog mereka.Melalui gerakan-gerakan tersebutlah penonton nantinya dapat mengerti Bagaimana alur cerita dari drama tersebut. Dalam sepanjang drama juga akan hadir bunyi-bunyian yang akan mempertegas makna gerakan yang dilakukan pemain.

Inilah yang membuat kemampuan Akting pemain memiliki peran penting dalam drama ini. Pasalnya di sini pemain harus dapat menunjukkan alur cerita melalui kemampuan aktingnya yang tanpa dialog tersebut. Ini tentu bukan hal yang mudah sehingga diperlukan pemain yang memiliki akting bagus guna menyampaikan maksud dari cerita tersebut kepada penonton.