wisata-dobo
wisata-dobo-2
wisata-dobo-3
wisata-dobo-4
mutiara-dobo

Dobo merupakan kota mutiara yang teretak di Kabupaten Kepulauan Aru bagian tenggara Provinsi Maluku. Dobo merupakan ibu kota kabupaten, daerah ini berbatasan langsung dengan Australia di Laut Arafura. Kabupaten Kepulauan Aru memiliki sekitar 187 pulau dan 89 pulau diantaranya telah berpenghuni.

Sebagian besar bahan makanan dan sayuran di Dobo adalah hasil panen petani dari provinsi lain di indonesia, sehingga cenderung mahal. Namun, ada yang menjadi andalan warga Dobo yaitu mutiara. Oleh karena itu, Kota Dobo disebut sebagai mutiara dari timur karena sebagai kota penghasil mutiara dengan kualitas tinggi.

Destinasi Wisata Alam

Kota Dobo juga memiliki beragam destinasi wisata alam yang menarik dan menakjubkan. Berikut tempat-tempat wisata di Dobo yang harus dikunjungi:

1. Pantai Kora

Terletak di Desa Wangel, Kecamatan pulau-pulau Aru, Kabupaten aru, dan tidak jauh dari pusat kota membuat pantai ini mudah dijangkau pengunjung. Pantai ini menyajikan pemandangan yang indah dan laut yang sangat bersih serta merakyat, sehingga menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Selain itu, terdapat beberapa jajanan masyarakat yang beragam dan murah. Pantai ini juga menyuguhkan kemilau pasir putih yang lembut serta suasana pantai yang menyegarkan pikiran. Kamu juga bisa menikmati sunset atau matahari terbenam di sore hari yang indah. Di tengah laut terdapat batu yang nampak terpecah belah menjadi 3 pecahan.

2. Pantai Mawar

Pantai ini memiliki keindahan panorama alam yang tidak kalah dengan pantai Kora. Pantai yang menjadi primadona masyarakat Dobo ini, menyajikan keindahan lautan biru yang jernih dan bersih dan pasir putih yang halus dan lembut. Pantai mawar merupakan pantai yang tepat untuk dijadikan tempat tamasya bersama keluarga.

Selain menikmati keindahan alamnya, kamu bisa melakukan aktivitas ringan lainnya seperti berenang di tepi pantai, memancing, dan mencicipi makanan khas Dobo yang dijual disekitar pantai. Tiket memasuki kawasan Pantai Mawar ini pun cukup ekonomis yaitu seharga Rp. 10.000 per orang

3. Pantai Papaliseran

Masyarakat Dobo menyebutkan pantai ini sebagai Pantai Belakang Mawar. Pantai ini berjarak 12 km dari pusat kota Dobo, kamu bisa menggunakan moda trasnportasi darat maupun laut untuk menuju kesana. Hal yang membuat berbeda dari Pantai Papaliseran dengan pantai yang lain adalah anggrek merah.

Anggrek merah yang tumbuh subur di sekitar pantai menambah pesona keindahan pantai Papaliseran. Ditambah dengan hamparan pasir putih memukau wisatawan yang berkunjung. Keasrian pantai ini masih tetap terjaga dan kebersihannya masih dirawat dengan baik. Sangat menarik dan membuatmu semakin penasaran kan?!

4. Pantai Wangel

Salah satu tujuan wisata Dobo yaitu Pantai Wangel yang terleta di Desa Wangel, Kecamatan Pulau-pulau Aru. Kamu akan disuguhkan dengan keindahan pasir putih dan lautan biru yang jernih dan bersih. Tempat yang tepat untuk bersantai bersama keluarga, teman, maupun sendirian.

Seperti Pantai Kora, kamu juga dapat menikmati keindahan sunset di pantai ini. kamu dapat melihat sunset tanpa penghalang apapun di pantai ini.tempat yang sangat cocok untuk jauh dari hiruk pikuk kota dan pekerjaan. Jajaran pohon kelapa dipinggir pantai seakan melambai untuk mendatanginya. Indah bukan?!

Mutiara Kota Dobo

Pusat kota Kabupaten ini terbilang ramai dengan puluhan rumah makan dan toko-toko yang berdiri disepanjang jalan. Kota Dobo sangat melekat dengan hasil mutiaranya yang berlimpah dan berkualitas tinggi serta harga miring. Kini mutiara yang didapat dari hasil budidaya mutiara yang dilakukan di lautan sekitar Kota Dobo

Dahulu, masyarakat Dobo menyelam ke dasar laut untuk mencari mutiara. Namun, kini mutiara dapat didapatkan berdasarkan hasil budidaya. Kemilauan mutiara Dobo dihasilkan dengan beragam jenis dan harga. Banyak teknik yang dikembangkan untuk mendapatkan hasil mutiara yang optimal dan kualitas tinggi di Dobo.

Itulah pesona keindahan Kota Dobo, selain destinasi wisata alamnya terdapat juga keindahan kilau mutiara yang dihasilkan di kota ini. kota Dobo memiliki potensi alam dan panorama yang indah serta wajib dikunjungi untuk mengisi liburan atau waktu luangmu. Jangan lupa untuk mencicipi beragam kuliner khas dan unik di Kota Dobo.