Daftar Museum Seni yang Wajib Dikunjungi

Selama ini kita memiliki banyak melihat museum seni yang terdapat di luar negeri. Namun, apakah itu berarti di Indonesia tidak ada museum seni? Ternyata hal tersebut salah besar. Justru di Indonesia banyak terdapat museum seni yang dapat dikunjungi.

Ada banyak museum seni yang dapat dikunjungi di Indonesia. Berbagai museum seni ini tidak hanya menyajikan berbagai macam karya seni, namun tak sedikit yang juga siap memberikan edukasi terkait dengan karya seni yang ada di sana. Ada museum apa saja? Berikut ini beberapa di antaranya.

Sudah Coba Mengunjungi Museum Seni Ini?

Berkunjung ke museum seni menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan. Pasalnya pengunjung akan diajak untuk menjelajah karya-karya dari seniman di tanah air. Bagi yang penasaran terkait dengan museum seni yang ada di Indonesia dapat mencoba berkunjung ke beberapa museum ini.

1. Museum Galeri Nasional Indonesia

museum-galeri-nasional-indonesia

Salah satu museum seni yang terkenal hadir di kota Jakarta. Museum yang dimaksud adalah Museum Galeri Nasional Indonesia. Di museum ini pengunjung akan diajak menjelajah berbagai karya seni yang terletak dalam 2 ruang pamer. Kedua ruang pamer tersebut merupakan ruang pamer utama yang ada di museum ini.

Secara keseluruhan museum ini dibagi menjadi dua jenis ruang pamer. Untuk ruang pamer pertama adalah ruang pamer tetap sedang ruang pamer kedua adalah ruang pamer temporer. Di ruang pamer tetap terdapat banyak karya seni dari seniman indonesia maupun luar negeri yang dipamerkan. Sedangkan pada ruang pamer temporer dihadirkan pameran seni tematis.

Bagi yang ingin datang ke museum ini letak Museum Galeri Nasional Indonesia adalah di wilayah Jakarta Pusat. Tepatnya di Jalan Medan Merdeka Timur nomor 14. Siap berkunjung dan belajar bersama di museum ini?

2. Museum Kesenian Agung Rai

museum-kesenian-agung-rai

Bali dan kesenian menjadi suatu kesatuan yang erat. Tak heran jika museum seni yang terkenal di Indonesia salah satunya datang dari Bali. Museum Seni Agung Rai atau biasa dikenal dengan ARMA! Menjadi salah satu museum yang menyimpan berbagai koleksi dari pelukis-pelukis terkenal.

Selain menghadirkan berbagai macam karya seni, museum yang satu ini juga hadir dengan berbagai macam pertunjukan yang dapat didatangi oleh pengunjung. Pertunjukan yang diadakan di sini pun cukup beragam. Mulai dari pertunjukan seni teater, musik, tarian sampai dengan kelas melukis yang dapat diikuti oleh pengunjung.

Tak hanya itu di museum ini pengunjung juga dapat menemukan perpustakaan, toko buku sampai dengan bengkel budaya. Jadi di sini akan menjadi sebuah tempat yang tepat untuk mempelajari terkait dengan seni. Ingin berkunjung ke museum ini? Tinggal datang ke Jalan Raya Pengosekan Ubud, Gianyar.

BACA JUGA: TIPS MENGOLEKSI KARYA SENI

3. Museum Ullen Sentalu

museum-ullen-sentalu

Selain Bali, Jogja juga memiliki ikatan yang erat dengan seni. Tak heran jika kemudian di Jogja banyak terdapat galeri seni. Namun, di antara berbagai galeri seni tersebut ada sebuah museum seni yang cukup terkenal, yaitu Museum Ullen Sentalu.

Museum yang terletak di Jalan Boyong Kaliurang ini memiliki banyak koleksi barang-barang seni. Tak hanya menyajikan beragam koleksi barang seni, museum ini juga memamerkan beragam barang yang berkaitan dengan kehidupan para bangsawan dari Kesultanan Mataram. Selain itu ada berbagai macam batik yang dipamerkan di museum satu ini.

Mungkin selama ini banyak yang menilai mengunjungi museum merupakan kegiatan yang membosankan. Padahal ketika berkunjung ke museum kita dapat memperoleh berbagai pengalaman serta wawasan baru terkait dengan karya seni yang ada di museum tersebut.