Cara Menjaga Buku Agar Tetap Awet

Menjaga buku agar terus awet tentu menjadi impian banyak pemilik buku. Namun, sayangnya seringkali buku yang dimiliki rusak akibat berbagai macam hal. Ini tentu membuat para pemilik buku menjadi bertanya-tanya tentang bagaimana cara menjaga buku agar tetap awet.

Bagi yang ingin menjaga bukunya agar tetap awet ada beberapa cara yang mungkin dapat digunakan. Berbagai cara ini dapat membuat buku menjadi lebih awet dan tentunya memudahkannya saat pemiliknya ingin membacanya suatu saat nanti. Seputar cara tersebut akan dirangkum di sini.

5 Cara Menjaga Buku Agar Tetap Awet Ini Dijamin Ampuh

Kali ini ada 5 cara menjaga buku tetap awet yang dapat diterapkan para pemilik buku. Ada cara apa saja yang dapat dilakukan? Inilah beberapa di antaranya.

1. Gunakan Tempat Tepat Untuk Menyimpan buku

Cara pertama yang harus dilakukan agar buku tetap awet adalah dengan menggunakan tempat tepat untuk menyimpan buku. Salah satu media penyimpanan yang dapat digunakan adalah rak. Pastikan rak buku yang ada diletakkan di tempat yang tepat.

Sebaiknya buku tidak diletakkan di tempat yang lembab. Ini hanya akan membuat buku rentan berjamur. Selain itu jangan lupa untuk memastikan rak buku tersebut memiliki pencahayaan yang cukup. Jadi udara lembab yang merusak buku dapat dihindari.

2. Sebaiknya Beri Sampul Untuk Tiap Buku

Selanjutnya cara menjaga buku agar tetap awet adalah dengan memberikan sampul pada buku yang dimiliki. Ada banyak jenis sampul yang dapat digunakan. Mulai dari sampul kulit, kertas, kain hingga plastik. Selama ini sampul plastik menjadi pilihan yang banyak digunakan.

Hal ini bukan tanpa alasan. Sampul plastik dinilai lebih terjangkau jika dibandingkan sampul lainnya. Tak hanya itu, kehadiran sampul plastik juga dianggap mampu membuat buku terhindar dari rusak akibat tersiram air. Wah, jadi akan menggunakan sampul dari bahan apa nantinya?

3. Hindari Menumpuk Buku

Posisi saat meletakkan buku juga harus diperhatikan. Jangan meletakkan buku dengan cara ditumpuk. Sebaiknya buku diletakkan secara berdiri berjajar. Ini untuk menghindarkan buku dari kerusakan akibat beban berat dari tumpukan buku yang ada di atasanya.

Menumpuk buku juga membuat buku menjadi lebih sulit di ambil. Jadi sebaiknya tempatkan buku dengan cara berjajar. Tidak hanya untuk mencegah kerusakan yang ada, namun di sisi lain juga untuk memudahkan pembaca ketika akan mengambil buku yang akan dibacanya.

4. Bersihkan Secara Teratur

Kebersihan buku juga harus dijaga dengan baik. Inilah yang kemudian membuat buku harus dibersihkan secara berkala. Pembersihan buku secara berkala ini juga untuk memastikan jika tidak ada buku yang rusak maupun terkena serangga.

Untuk membersihkan buku hindari menggunakan bahan yang basah. Ini karena jika tidak dikeringkan dengan baik justru akan membuat buku menjadi lembab dan kemudian berjamur. Lakukan pembersihan ini secara rutin minimal 2 bulan sekali.

5. Pakai Kamper Untuk mencegah Hadirnya Serangga

Kerusakan buku tidak hanya berasal dari pemiliknya yang kurang baik saat menyimpan buku. Di sisi lain kerusakan juga dapat berasal dari kondisi lingkungan seperti lembab yang telah banyak disebutkan di atas. Namun, ada satu lagi yang mengancam keawetan buku, yaitu serangga.

Beberapa serangga berpotensi membuat kerusakan pada buku. Inilah yang kemudian harus diantisipasi. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kamper. Berikan kamper pada tempat buku tersebut disimpan untuk menghindari serangan serangga.

Bagi yang ingin menjaga buku yang dimilikinya agar tetap awet beberapa cara di atas dapat dilakukan. Mulai dari menempatkannya di tempat yang tepat sampai memberikan kamper untuk mencegah hadirnya serangga dapat menjadi cara menjaga buku agar tetap awetyang dapat dilakukan pemilik buku.