Saumlaki merupakan salah satu kelurahan yang terletak di Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Tanimbar, Provinsi Maluku Tenggara Barat (MTB). Saumlaki adalah ibu kota kabupaten yang tepatnya terletak di Pulau Yamdena. Kota kecil ini memiliki keindahan alam yang murni dan alami karena belum banyak dijamah. Saumlaki juga memiliki kekayaan wisata bahari yang indah dan memesona dan terkenal dengan kerajinan patung kayu yang unik.

Karena terletak di Provinsi MTB, diperlukan waktu yang lebih lama untuk menuju kesana. Uniknya, Saumlaki lebih jauh diakses jika dari Jakarta daripada Australia. Namun, perjalanan panjang akan terbayar dengan pemandangan indah disana.

Bagi kamu yang senang menjelajahi alam Saumlaki menjadi tempat yang tepat. Keindahan alamnya sangat alami karena belum sering terjamah dan dijamin tidak akan mengecewakan. Penasaran, apa saja objek wisata terbaik andalan di Saumlaki? Berikut daftar 5 destinasi wisata terbaik di Saumlaki.

1. Pantai Weluan

Pantai Weluan terletak di Desa Olilit yang memilii garis pantai sepanjang 2 km dan lebar pantai 40 m. Pasir putih terbentang luas dengan indahnya dan ditambah keunikan dua pulau kecil dilaut yaitu pulau Nuskesar. Jarak antara pantai Weluan dengan Saumlaki yaitu 10-15 meter, tidak jauh kan?

Pantai yang satu ini menjadi andalan dan kebanggan penduduk Saumlaki dengan keindahan pantai pasir putihnya. Selain menikmati keindahan alamnya, kamu juga bisa menemukan banyak pedagang yang menjual berbagai macam olahan dan oleh-oleh khas MTB. Tempat ini sangat cocok untuk bersantai dan menyejukkan otak.

2. Monumen Patung Kristus Raja

Sosok Yesus Kristus terabadikan dalam bentuk patung yang terletak di Saumlaki, Kabupaten Tanimbar. Sepintas bentuk patung ini mirip dengan Christ The Redeemer di Rio de Janeiro, Brasil. Patung Yesus ini berdiri kokoh setinggi 25 meter diatas permukaan laut dengan membuka kedua tangan.

Tidak lengkap jika kamu belum berkunjung dan mengabadikan momen dengan latar belakang patung ini. Selain itu, terdapat dua patung lain yaitu Bunda Maria dan Yesus dan Penyaliban Patung. Jika kamu mengunjungi monumen ini, kamu akan terpesona dengan kecantikan pemandangan laut disekelilingnya.

3. Desa Wisata Tumbur

Saumlaki dikenal dengan hasil kerajinan patung kayu yang unik dan menarik. Desa Wisata Tumbur merupakan salah satu desa yang menghasilkan kerajinan patung yang cantik. Desa Tumbur terletak di Kecamatan Wertamrian, warganya mengandalkan kerajian patung kayu sebagai mata pencaharian utamanya.

Selain patung kayu, warga Desa Tumbur juga menghasilkan ukiran atau pahatan lainnya seperti miniatur yang tidak kalah manarik. Kamu bisa membawa hasil kerajinan ini sebagai oleh-oleh awet khas Saumlaki. Harga yang diberikan juga baragam tergantung dari kesulitan dan lama pembuatan.

4. Pantai Kelyar

Pantai yang dikenal dengan sebutan Pantai Pertamina ini menyuguhkan keindahan panorama bahari. Ombak yang tenang Pantai Kelyar sangat cocok untuk bersantai dan menenangkan diri. Selain itu, kamu bisa melakukan kegiatan snorkeling untuk menikmati keragaman karang dan biota laut yang memanjakan mata.

Karena airnya yang jernih kamu dapat melihat keindahan bawah laut dengan jelas. Selain itu, Pantai Kelyar bisa dijadikan tempat yang tepat untuk melihat sunset atau matahari terbenam di sore hari. Hal ini akan menciptakan kenangan yang akan terus diingat meskipun kembali ke rutinitas.

5. Air Bomaki

Selain keindahan pantainya, Saumlaki juga memiliki sungai jernih dengan air terjun mini, yaitu Air Bomaki. Tempat ini sangat cocok didatangi keiak siang hari untuk mencari kesegaran karena airnya yang dingin dan menyegarkan. Airnya yang jernih akan membuatmu betah untuk berendam dan bermain sepuasnya.

Matamu juga akan dimanjakan dengan keindahan pepohonan dan tebing- tebing yang mengelilinginya. Air yang mengalir dari celah batu dapat menyejukkan pikiranmu. Dilengkapi dengan air terjun mini sehingga tidak memiliki resiko tinggi untuk bermain disekitarnya. Namun harus diperlukan untuk tetap berhati-hati.

Itulah 5 objek wisata di Saumlaki yang menyajikan keindahan alamnya yang masih asri karena belum sering terjamah oleh manusia. Tertarik untuk segera mengunjungi Saumlaki? Yuk, segera datang dan menikmati beragam destinasi wisata alam yang akan menyegarkan pikiran dan memanjakan mata.