5 lukisan yang Menakjubkan!

Seni lukis menjadi suatu kesenian yang telah dikenal manusia sejak ribuan tahun lalu. Kehadiran berbagai macam lukisan manusia purba menunjukkan bahwa manusia sebanarnya turut berkembang bersama dengan seni lukis. Dalam dunia seni sendiri ada berbagai zaman yang kemudian membagi seni lukis ini.

Berbagai zaman seni tersebut akhirnya melahirkan karya-karya seni luar biasa dari para seniman lukis yang bertalenta. Bahkan banyak dari lukisan-lukisan tersebut yang akhirnya terkenal sampai ke seluruh dunia. Inilah lima lukisan yang paling dikenal di dunia:

1.MonaLisa – Leonardo da Vinci

leonardo-da-vinci

Siapa yang tidak kenal Mona Lisa? Karya lukis yang satu ini rasanya hampir diketahui oleh seluruh penjuru dunia. Bahkan tak jarang yang menghubungkan Mona Lisa dengan berbagai konspirasi yang ada di dunia. Karya pelukis Leonardo da Vinci, ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Tidak heran jika ia menjadi lukisan yang paling banyak dicari oleh pengunjung dari Museum Mourve. Senyum misterius dari Mona Lisa memang menggugah rasa penasaran banyak orang.

2.The Scream – Edvard Munch

the-scream

Karya selanjutnya yang akan dibahas adalah The Scream yang merupakan lukisan dari Edvard Munich. Lukisan ini sebenarnya dibuat pada tahun 1893 Ia merupakan salah satu lukisan yang di nilai artistik dan imajinatif.

Sosok yang paling menarik dalam lukisan ini adalah sosok yang berada di tengah lukisan. Perbedaan pendapat hadir dari ekspresi sosok tersebut. Banyak yang menyebutkan itu adalah ekspresi sedih, gembira, bahkan takut. Di balik perdebatan tentang ekspresi yang diberikan oleh sosok di tengah lukisan siapa sangka jika Ternyata Lukisan ini memiliki nilai jual cukup fantastis yaitu 1,2triliun.

3. A Wheatfield with Cypresses – Vincent van Gogh

a-wheatfield-with-cypresses

Kemudian akan kita lanjutkan mengenai pembahasan lukisan dari Seorang pelukis terkenal asal Belanda yaitu Vincent Van Gogh. Kehadiran lukisan yang satu ini diprediksi muncul antara tahun 1880 sampai dengan Juli 1890. Tidak ada yang mengetahui waktu pastinya.

Lukisan ini sempat digadang sebagai salah satu lukisan termahal di dunia. Ini menjadi salah satu dsri seri lukisan Siprusnya. Hadirnya pohon Siprus di seri lukisan ini merupakan metafora dari depresi yang terus mengikuti Van Gogh hingga kemudian bunuh diri di sebuah ladang gandum pada tahun 1890.

4. Darmstadt Madonna – Hans Holbein

darmstadt-madonna

Lukisan selanjutnya yang akan dibahas adalah Darmstadt Madonna yang merupakan sebuah lukisan cat minyak karya Hans Holbein yang selesai pada tahun 1526. Harga jual lukisan ini cukup fantastis, ia terjual dengan harga 975 Miliar atau USD 7.06 juta.

Lukisan yang satu ini dipengaruhi oleh gaya Italian Renaissance. Namun, di dalamnya juga terdapat elemen dari Neterlandish Potrait Printing. Saat ini lukisan tersebut diletakkan pada Schwabisch Hall atau yang lebih dikenal dengan Johanniterhalle.

5. Guernica – Picasso

guernica

Siapa tak mengenal Picasso? Pelukis dengan nama lengkap Pablo Picasso ini memang sudah tersohor sebagai salah satu pelukis yang memiliki banyak mahakarya menakjubkan. Salah satu mahakaryanya yabg disoroti dunia adalah Guernica.

Lukisan ini sebenarnya terinspirasi dari kengerian serta berbagai kerusakan yang hadir ketika masa perang saudara di Spanyol. Hal tersebut kemudian membuat lukisan Guernica ini menjadi salah satu lukisan terbaik di abad 20.

Kelima karya seni lukis di atas adalah sedikit dari banyak karya lukis yang terkenal di dunia. Masih banyak karya lukis yang dapat dijelajahi untuk memberikan inspirasi baru nantinya.