Haruki Murakami terkenal sebagai salah satu penulis novel yang memiliki cerita menarik. Setiap novel yang dibuatnya memang menyimpan pesan tersendiri yang kemudian membuat pembacanya selalu ingin menyelaminya hingga tuntas.

Bagi yang belum membaca buku Haruki Murakami ada beberapa buku dari penulis satu ini yang sayang untuk dilewatkan. Ada buku apa saja? Inilah beberapa di antaranya.

Mempercayai Ramalan Dalam Kafka on the Shore

Kafka on the Shore merupakan sebuah novel yang bercerita tentang Kafka Tamura, yang kabur dari rumah untuk kabur dari ‘ramalannya’ yang menyedihkan sekaligus untuk mencari ibu dan saudara perempuannya yang telah lama menghilang. Kafka sendiri bukanlah nama aslinya, melainkan ‘gagak’ dalam bahasa Ceko, sesuatu yang menggambarkan dirinya.

Di sisi lain, ada seorang veteran ‘gila’ yang masih terperangkap dalam derita peperangan, dan oleh karena itu, dia tertarik pada Kafka, seperti kehidupan sehari-harinya yang tak dapat ia pahami. Perjalanan mereka, diwarnai dengan hal-hal yang menakjubkan, seperti kucing dan manusia yang mengobrol, pelacur yang mengutip dari Hegel, rimba yang penuh dengan para tentara yang tidak menua sejak perang dunia kedua, hingga hujan ikan.

Seiring berjalannya waktu, ikatan takdir di antara mereka berdua pun mulai terikat, yang pada akhirnya akan memberi awal yang baru bagi salah satu, dan sebuah pelepasan bagi yang lainnya. Wah, sepertinya seru ya.

Awal Puncak Karir di Norwegian Wood

Novel ini merupakan novel yang membawa sang penulis, Haruki Murakami, dari seorang penulis terkenal, menjadi seorang superstar. Novel ini, yang tidak melibatkan fantasi seperti novel Murakami yang lain, bercerita tentang pendewasaan dan perubahan.

Toru, seseorang yang pendiam danserius sekaligus mahasiswa dari Tokyo, jatuh cinta setengah mati kepada perempuan yang menjadi cinta pertamanya, Naoko, yang juga merupakan kekasih dari teman dekat Toru, Kizuki. Dan pada suatu titik, perasaannya hanya akan membawa sebuah bencana yang menimpa mereka berdua.

Tragedi tersebut membawa mereka mendekat, sekaligus merusak tatanan kehidupan mereka berdua. Naoko yang mengisolasi dirinya, dan Toru yang semakin tak terkendali, dan kemudian membawanya pada Midori. Seorang perempuan yang memiliki segala sesuatu yang tidak Toru miliki.Kemudian ketika Norwegian Wood dari The Beatles diputar, Toru mulai bernostalgia akan semua kejadian yang ada di masa mudanya.

The Wind-Up Bird Chronicle Kisah Okada Toru

Novel ini merupakan novel yang membawa Haruki Murakami menuju kancah internasional. Bercerita tentang Okada Toru, seorang lelaki yang baru saja berhenti dari pekerjaannya di suatu firma hukum dan tinggal bersama istrinya, Kumiko.

Suatu hari, kucing milik Kumiko menghilang, dan istrinya meminta Okada untuk mencarinya. Dan ketika ia kembali, Okada mendapatkan panggilan dari seseorang perempuan yang tak ia kenali. Hingga pada suatu hari Kumiko pun turut menghilang dan Okada memulai perjalanan untuk mencari istrinya kembali.

Seorang Okada dengan pikirannya yang naif, bertemu dengan sisi gelap dari dunia ini, yang membawanya untuk mempertanyakan begitu banyak aspek hidupnya yang sebelumnya terlihat begitu jelas, dan sekarang begitu kabur.

Menyelami Tsukuru Dalam The Colorless Tsukuru Tazaki

Tsukuru Tazaki yang pada masa mudanya memiliki empat orang teman dekat yang keempat-empatnya memiliki marga yang mengandung warna. Kuro (hitam), Shiro (putih), Ao (biru), dan Aka (merah). Hanya Tsukuru yang marganya tidak memiliki kandungan warna dalam marganya.

Hal tersebut terkadang membuat Tsukuru merasa ditinggalkan, meski para sahabatnya tidak terlalu memikirkannya. Hingga pada suatu saat, Tsukuru yang telah menjadi mahasiswa pulang ke kampung halamannya di Nagoya, dan mendapati bahwa teman-temannya memutus tali pertemanan mereka tanpa sebab. Hal ini menyebabkan Tsukuru merasa kosong kembali, dan memulai percobaan bunuh diri.

Tsukuru yang pada akhirnya bertahan hingga dewasa kini merupakan seorang insinyur yang bekerja di perusahaan yang membangun stasiun. Tsukuru pun bertemu dengan Sara, yang mengajaknya untuk sekali lagi menemui masa lalunya, dan menghadapinya sebagai Tsukuru yang telah dewasa, bukanlagi sebagai Tsukuru muda yang naif. Disini perjalanan Tsukuru untuk menguak kebenaran dimulai.