Mendekorasi ruangan dengan karya seni menjadi pilihan banyak orang. Ini tidak hanya memberikan kesan artistik pada ruangan namun jika dapat memilih karya seni yang tepat juga dapat membuat ruangan menjadi lebih cantik.

Untuk yang ingin menghadirkan ruangan yang cantik dengan pilihan dekorasi karya seni yang tepat ada beberapa tips yang harus dipahami. Tips-tips ini dijamin akan membantu menghadirkan karya seni yang tepat untuk membuat ruangan menjadi lebih menarik.

Tips Terbaik Memilih Karya Seni Untuk Dekorasi

Ada banyak karya seni yang dapat sekaligus digunakan untuk dekorasi sebuah ruangan. Tapi, tentu saja sebaiknya tidak asal memilih karya seni sebagai dekorasi ruangan. Ini untuk membuat ruangan dapat hadir dengan lebih cantik nantinya menggunakan dekorasi-dekorasi tersebut.

Bagi yang masih bingung bagaimana memilih karya seni yang tepat, mungkin beberapa tips di bawah ini dapat memberikan gambaran. Yuk simak selengkapnya di sini.

1. Pahami Tema Ruangan

Pertama yang harus dipahami adalah terkait dengan tema ruangan dimana dekorasi tersebut akan ditempatkan. Memahami tema ruangan penting untuk dapat memilih dekorasi yang tepat. Misalkan saja ruangan dengan tema shabby chic, tentu akan aneh jika diberi dekorasi dengan tema yang berlawanan.

Selain memperhatikan tema yang ada juga dapat sekaligus memberikan pilihan mengenai warna dekorasi yang nantinya akan dipilih. Menghadirkan dekorasi dengan model dan warna yang tepat tentu akan membuat ruangan menjadi semakin cantik, bukan?

2. Selektif Memilih Karya Seni

Harus dipahami jika tidak semua karya seni cocok diterapkan dalam semua ruangan. Untuk itu sebaiknya selektif dalam memilih karya seni. Sesuaikan karya seni yang dipilih dengan tema ruangan yang telah dianalisa sebelumnya.

Hadirkan pilihan dekorasi yang mendukung tema ruangan tersebut. Selain itu jangan lupa pertimbangkan juga masalah warna atau bahkan fungsi dari karya seni yang akan dipilih tersebut.

3. Material Karya Seni yang Dipilih

Tips selanjutnya dalam memilih karya seni yang akan digunakan dekorasi adalah dengan memahami material karya seni yang dipilih. Ini bukan tanpa alasan, pasalnya tidak semua material cocok digunakan untuk semua tema.

Misalkan pada tema ruangan industrial, biasanya material dekorasi lebih menekankan pada material metal atau kayu. Ketika kemudian dekorasi yang dipilih materialnya bukan dari keduanya tentu harus dipahami bagaimana hasilnya ketika nanti diaplikasikan dalam ruangan.

4. Pertimbangkan Masalah Kondisi Karya

Kondisi karya menjadi pertimbangan yang penting saat akan meletakkan sebuah karya seni menjadi dekorasi ruangan. Untuk karya yang rentan rusak, tentu tidak cocok diletakkan pada ruangan terbuka. Hal ini sebenarnya berhubungan dengan material karya yang ada pada poin bahasan sebelumnya.

Ini karena material karya seni juga berpengaruh pada kondisi karya seni tersebut nantinya. Jadi pastikan jika karya seni yang dipilih untuk dekorasi telah dipahami cara perawatan yang tepat serta kondisi karya secara umum.

5. Tempat Peletakan yang Tepat

Terakhir adalah masalah peletakan karya. Pemilik rumah harus memahami benar dimana karya tersebut akan bagus diletakkan. Pemilihan tempat peletakan karya yang salah justru memiliki potensi membuat ruangan menjadi kurang menarik.

Di sisi lain peletakan yang salah untuk karya seni tertentu juga rentan membuat karya seni tersebut cepat rusak. Jadi sebaiknya saat meletakkan karya seni pertimbangkan 2 hal, kondisi karya seni serta kesesuaian dengan kondisi ruangan.

Tidak ada larangan untuk meletakkan karya seni sebagai dekorasi rumah. Namun, tetap harus diingat tips-tips di atas untuk memastikan kondisi karya seni serta kondisi ruangan untuk dapat membuat ruangan menjadi lebih cantik.