Ragam Trik Sukses Menulis Buku yang Wajib Disimak

Menulis buku menjadi suatu kegiatan yang dinilai cukup susah. Apalagi perlu konsistensi serta berbagai hal pendukung lain untuk memastikan buku yang dibuat selesai sesuai target. Sebenarnya sukses menulis buku dapat dilakukan asalkan memahami trik-trik tepat.

Kali ini trik-trik tepat untuk menulis buku tersebut akan dibahas lebih lanjut di sini. Bagi yang ingin menulis buku tentu pembahasan ini akan sayang untuk dilewatkan. Yuk ulas lebih lengkap seputar trik tersebut di bawah ini.

Trik Sukses Menulis Buku

Menulis sebuah buku secara utuh tentu tidak asal dapat dilakukan begitu saja. Namun, perlu beragam persiapan untuk memastikan semua yang ditulis dapat menjadi buku yang apik. Guna lebih memudahkan saat menulis buku ada beberapa hal yang sebenarnya dapat dilakukan. Berikut beberapa di antaranya.

1. Membuat Konsep yang Matang

Konsep menjadi inti yang penting dari perjalanan menulis buku. Harus ada konsep matang yang menjelaskan mengenai buku secara keseluruhan. Jika buku tersebut berupa novel maka alur cerita, tokoh serta bagaimana latar dari kejadian dalam novel juga harus dipertimbangkan.

Untuk konsep awal dapat berasal dari ide-ide yang mungkin hadir secara acak. Dari ide-ide yang ada dapat mulai dikembangkan konsep yang lebih spesifik mengenai buku yang akan ditulis.

2. Pastikan Lakukan Riset Mengenai Konsep yang Sudah Dibuat

Dari konsep samar yang telah dibuat di awal dapat mulai dikembangkan menjadi ide yang lebih spesifik. Membuat konsep yang lebih spesifik serta lebih kuat dapat dilakukan dengan memasukkan hasil riset mengenai topik dari buku yang akan ditulis.

Melakukan riset tidak hanya akan memberikan tambahan ide bagi penulis. Namun, di sisi lain juga akan membuat tulisan lebih kuat serta terkesan nyata. Buatlah daftar mengenai hal-hal yang harus diriset sebelum dituangkan ke dalam tulisan. Pastikan riset ini menghasilkan informasi valid yang akan mendukung isi buku nantinya.

3. Rapikan Alur Cerita

Ketika menulis membuat alur cerita yang rapi juga penting. Ini salah satunya untuk memudahkan pembaca dalam memahami narasi yang berusaha disampaikan penulis. Untuk itu penulis harus paham bagaimana cara merapikan alur cerita atau alur tulisan yang dibuatnya.

Merapikan alur cerita atau tulisan dapat dimulai dengan memilih struktur narasi yang tepat dan sesuai dengan buku yang akan dibuat. Kemudian untuk novel atau cerpen misalnya mulailah pilih jenis konflik yang akan dihadirkan di sini. Terakhir pastikan titik-titik alur dalam buku telah ditentukan dengan baik untuk menghasilkan sebuah karya dengan alur cerita yang rapi.

4. Jangan Lupa Untuk Mengembangkan Bahasan atau Tokoh-tokoh yang Ada

Pengembangan bahasan atau tokoh diperlukan untuk membuat buku yang menarik. Untuk pengembangan tokoh dapat dimulai dengan memahami lebih dahulu jumlah tokoh yang akan dihadirkan di sini. Selanjutnya pastikan jika tokoh ‘seimbang’, kita harus mengingat bahwa tidak ada tokoh yang tanpa kekurangan. Lalu pahami tokoh dan terakhir lakukan evaluasi pada tokoh.

Kemudian bagaimana untuk mengembangkan bahasan bagi buku non fiksi misalnya? Ini dapat mulai diawali dari membuat pokok-pokok bahasan yang akan ditulis. Dari sana mulai dapat dikembangkan tulisan mengenai pokok-pokok bahasan tersebut.

5. Disiplin Dalam Menulis

Trik paling penting agar dapat meraih sukses menulis buku adalah disiplin dalam menulis. Selama ini kendala kedisiplinan menjadi ganjalan terbesar dalam menulis buku. Pastikan untuk menyiapkan waktu khusus menulis setiap harinya.

Kalau merasa perlu buatlah sebuah jadwal yang mencakup kegiatan menulis setiap harinya. Sertakan juga catatan mengenai progress yang telah dibuat.

Menulis buku memang bukan menjadi kegiatan yang mudah. Namun bukan berarti tidak bisa untuk dilakukan. Asalkan dapat memahami trik yang tepat maka sukses menulis buku bukan lagi sebuah impian.