5 Tips Penting Dalam Menulis Karya Tulis Ilmiah

Membuat sebuah karya tulis ilmiah dianggap menjadi suatu hal yang menyeramkan. Pasalnya kata ‘ilmiah’ sudah menimbulkan streotype bahwa menulis karya tulis ilmiah menjadi satu hal yang sulit untuk dilakukan. Sebenarnya ada beberapa tips penting yang dapat diterapkan saat menulis karya tulis ilmiah.

Berbagai tips ini menjadi jalan keluar bagi yang bingung terkait bagaimana menulis sebuah karya tulis ilmiah. Untuk yang penasaran ada tips-tips apa saja yang dapat dilakukan ketika menulis karya tulis ilmiah, berikut pembahasannya secara lebih lengkap.

Tips-tips Menulis Karya Tulis Ilmiah

Memang menulis sebuah karya tulis ilmiah menjadi suatu hal yang tidak mudah. Namun, tak perlu khawatir karena ada beberapa tips yang akan membuatnya menjadi jauh lebih mudah. Berikut adalah tips-tipsnya:

1. Awali Dengan Menentukan Tema Tulisan

Penulis karya tulis ilmiah sebaiknya mengawali tulisannya dengan lebih dahulu menentukan tema tulisan. Ini menjadi hal yang penting dalam penulisan sebuah karya ilmiah. Pasalnya tema tulisan ini menjadi awal untuk masuk ke tahap-tahap selanjutnya.

Setelah menentukan tema maka topik bahasan pun dapat ditentukan. Selanjutnya dari topik tersebut mulailah buat sebuah judul yang nantinya akan menjadi patokan untuk mulai membuat kerangka bahasan.

2. Melakukan Riset Terkait Bahan Tulisan

Selanjutnya ketika judul serta kerangka tulisan sudah di buat mulailah melakukan riset terkait bahan tulisan. Salah satu riset yang dapat dilakukan adalah dengan mengandalkan literatur yang ada. Riset menggunakan literatur tersebut sekaligus dapat menjadi acuan untuk membuat kajian pustaka.

Pastikan jika hasil yang diperoleh dari riset ini dapat dipertanggung jawabkan nantinya. Selain itu jika menggunakan riset berdasar literatur, sebaiknya pastikan literatur yang digunakan masih relevan. Jangan sampai ternyata literatur yang terlanjur digunakan ternyata sudah tidak relevan dengan kondisi yang berlangsung sekarang, bahkan telah dibantah dengan teori baru yang muncul.

3. Pastikan Menulis Dengan Struktur yang Sesuai

Karya tulis ilmiah tentu memiliki pedoman strukturnya sendiri. Apalagi untuk karya tulis ilmiah yang digunakan dalam lomba. Biasanya pihak penyelenggara memiliki pedoman struktur penulisannya sendiri. Untuk itu jangan lupa memperhatikan sturktur penulisan yang diminta.

Pastikan jika struktur penulisan yang dibuat sudah sesuai dengan pedoman yang ada. Kesalahan struktur penulisan ini dapat memberi dampak yang cukup besar. Utamanya jika struktur tersebut telah diatur dalam pedoman yang diberikan ketika karya tulis ilmiah mulai dibuat.

4. Minta Pendapat Pihak yang Dirasa Ahli

Menulis karya tulis ilmiah memang tidak hanya membutuhkan kemampuan menulis, namun juga isi yang dapat dipertanggung jawabkan. Untuk itu ketika dirasa mengalami kesulitan mengenai isi dari karya tulis tersebut, tak ada salahnya mulai meminta pendapat pada pihak yang dirasa ahli.

Misalkan saja untuk karya tulis ilmiah dalam suatu lomba teknologi lingkungan. Tak ada salahnya menanyakan kendala yang hadir maupun topik yang telah dirancang pada dosen atau guru yang memiliki kapasitas sesuai topik yang dipilih.

5. Konsisten dan Teliti

Tips selanjutnya adalah terkait dengan konsistensi dan ketelitian. Pastikan jika sudah menulis karya tulis ilmiah dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan. Ketelitian ini tidak hanya terkait dengan isi tulisan, namun lebih lanjut tentang struktur penulisan bahkan ejaan dalam tulisan.

Lebih lanjut jangan lupa untuk menjaga konsistensi menulis karya tulis. Pasalnya yang umum terjadi adalah kesulitan untuk disiplin dalam menulis karya tulis yang telah dibuat. Ini menjadi penghambat terbesar dalam menyelesaikan karya tulis.

Menulis karya tulis ilmiah memang cukup sulit, namun dengan tips-tips di atas diharapkan dapat menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Jadi, sudah siap untuk mulai membuat sebuah karya tulis ilmiah?